cara membuat link pada gambar

Search This Blog

Theme images by Storman. Powered by Blogger.

Blog Archive

5 Buah Yang Baik Untuk Menu Buka Puasa

 

Buah yang cocok untuk berbuka puasa. Dalam menjalankan ibadah puasa, tubuh kita akan kekurangan energi, sehingga ada baiknya ketika berbuka puasa mengkonsumsi makanan yang bergizi agar badan menjadi segar dan mendapatkan kembali energi. Saat berbuka puasa sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna oleh usus, seperti buah dan sayuran. Selain itu Konsumsi makanan sehat yang kaya serat dan banyak minum air putih agar stamina tetap terjaga dan tidak mudah lemas. Selain menu wajib jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buah. Karena jus buah segar atau buah-buahan adalah makanan mengandung banyak air dan mudah dicerna dengan sedikit asimilasi.

Dibawah ini beberapa jenis buah yang baik di konsumsi pada saat Bulan Ramadhan seperti yang dilansir oleh infojajan.com:

1. Kurma
Buah yang berasal dari timur tengah ini sangat baik untuk menu awal berbuka puasa. Kurma mengandung glukosa yang mudah diserap. Kurma mengandung vitamin A, thiamin, riboflavin dan zat besi. Riboflavin dan niasin membantu melepas energi dari karbohidrat, sedangkan vitamin A dan niasin berperan dalam membentuk dan memelihara agar kulit tetap sehat. Selain itu, kurma juga mengandung mineral, magnesium dan kalium yang baik bagi kinerja tubuh. Ditambah lagi serat kurma yang baik untuk proses pencernaan.
Kurma dapat meningkatkan keabsahan lambung yang terlalu asam setelah 13-14 jam tidak makan dan minum. 

Baca Juga : Cara diet alami dalam waktu singkat

2. Pepaya
Kandungan enzim papain yang terdapat dalam pepaya sangat baik untuk proses pencernaan protein. Selain itu papain juga berfungsi mengatur asam amino dan mengeluarkan racun tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat.

3. Semangka
Semangka banyak mengandung air sehingga buah ini juga merupakan salah satu buah yang baik untuk menu buka puasa. Semangka mudah dicerna dan diasimilasi dan juga memberikan nutrisi dan energi. Semangka dapat di jadikan jus untuk berbuka puasa.

4. Pisang
Pisang merupakan salah satu sumber energi. Pisang mengandung kalium, magnesium, karbohidrat, vitamin dan mineral, buah ini juga mengandung potasium yang berperan dalam aktifitas otot jantung dan metabolisme tubuh, dan sodium rendah untuk mengurangi risiko darah tinggi. Daging buah yang lembut berfungsi untuk melapisi dinding lambung dan usus serta menjadi lapisan anti radang.

5. Wortel
Jus wortel sangat baik diminum saat berbuka. Selain bermanfaat untuk menyehatkan mata juga dapat menyegarkan tubuh agar tetap berstamina.

Buah yang harus di hindari saat berbuka puasa

Perlu diketahui, saat berbuka puasa hindari buah jeruk dan nanas, karena buah ini mengandung zat asam yang tidak baik untuk perut dan bisa berbahaya bagi penderita maag atau asam lambung tinggi. Dan ketika dijadikan jus, sebaiknya tidak menambahkan gula.

Dalam menyiapkan menu buka puasa sebaiknya pilih buah yang memiliki rasa manis alami, seperti melon , anggur, dll. Buah-buahan tersebut dapat mengganti kadar gula dalam tubuh, yang berkurang selama puasa.

Semoga bermanfaat.

0 on: "5 Buah Yang Baik Untuk Menu Buka Puasa"